Menu horizontal

Thursday 26 January 2017

Ducati Desmosedici GP17 Mulai Terlihat

Tampilan motor baru Ducati Desmosedici GP17
Menurut laporan yang ditulis oleh media sindonews, pada tanggal 25 Januari 2017 Ducati telah melakukan uji coba privat di sirkuit Sepang, Malaysia. Salah satu pembalap uji cobanya, Michele Piro, telah mencoba menggeber tunggangan baru Lorenzo dan Dovizioso untuk musim depan. Pagi hari cuaca hujan, matahari mulai menunjukkan sinarnya di siang hari, sehingga sang pembalap pun mulai bisa menggeber tunggangan besinya di siang hari.


Sudah mahfum, bahwa mulai tahun depan, penggunaan winglet alias sayap tambahan sudah dilarang untuk digunakan di motor MotoGP. Ducati merupakan tim yang merasa cukup dirugikan dengan penerapan aturan ini, hal itu seperti disampaikan beberapa kali oleh manajer Ducati, Luigi Dalligna. Ducati merupakan tim pabrikan yang menerapkan penggunaan winglet, yang sejak tahun 2015 digunakan dan cukup menuai hasil positif untuk sektor aerodinamis pada Desmosedici, kuda besi Ducati.

Karena winglet sudah dilarang, praktis Ducati, dan juga tim lain tentunya harus putar otak untuk menjaga kuda besi tetap nyaman digeber oleh pembalap. Masih banyak penggemar pacuan motor MotoGP yang dibuat penasaran dengan terobosan yang akan dilakukan para pembalap untuk desain motor terbaru mereka di tahun ini.

Minggu lalu, rasa penasaran penggemar balap MotoGP sudah bisa melihat peluncuran resmi dari dua pabrikan kontestan MotoGP, Yamaha dan disusul oleh Ducati. Namun begitu, banyak kalangan yang masih menduga bahwa motor yang diperkenalkan ketika peluncuran resmi di media tersebut bukanlah motor baru mereka. Kedua pabrikan tersebut hanyalah memperkenalkan motor lama yang dicat baru, mungkin untuk kepentingan pengenalan sponsor musim depan mereka.

Jadi, seperti apa tampilan motor baru mereka musim depan?

Untuk tim Ducati, teka teki motor baru di musim depan sudah mulai terkuak, setelah mereka mulai melakukan tes privat sebelum tes resmi di Sepang, Malaysia. Dari tampilan fisik, tampaknya banyak area yang dirombak secara signifikan oleh Ducati. Mulai dari fairing, hingga tempat area dibawah jok, turut menjadi area yang diperbaiki oleh Ducati demi mendapatkan keseimbangan motor ketika dipacu.

Sedikit bocoran dari tampilan motor Ducati Desmosedici GP17 dibanding motor tahun lalu adalah dibagian fairing. Bagian fairing, khususnya dibawah tangki terlihat memiliki lubang udara yang lebih besar dibanding motor tahun lalu. Bagian lubang udara yang lebih besar memungkinkan udara lebih lepas dan dapat difungsikan untuk menurunkan suhu mesin. Selain itu, dibagian bawah fairing juga terlihat dengan dasar yang lebih besar jika dibandingkan dengan motor tahun lalu. Yang menarik adalah adanya box, dibagian tail dekat knalpot. Box alias kotak tersebut memang banyak mengundang tanya publik. Saat ditanya oleh awak media, Pierro selaku pembalap penguji menyebut, didalam box tersebut kita bisa menaruh salad, sayuran dan lainnya, tentunya sang pembalap bercanda sambil melempar senyum.

Setelah misteri motor untuk pacuan musim depan masih menjadi tanda tanya, Ducati sudah mulai memperlihatkan kuda besi andalannya musim depan. Walaupun masih menjadi misteri, setidaknya Ducati mulai memperlihatkan motor andalannya. Tes resmi yang akan diadakan di sirkuit Sepang akhir bulan ini, akan menjadi momen kita melihat seperti apa purwarupa motor andalan dari kontestan ajang balap terbesar sejagat.

No comments: