Menu horizontal

Sunday 29 November 2015

Marquez Belum Temukan Keseimbangan Mesin Baru Honda

Marquez uji Motor baru Honda
"Karakter mesinnya berbeda. Jadi kami cuma berkonsentrasi pada yang baru, lalu kemudian mungkin kami akan mencoba lagi yang lama besok. Tapi kita akan lihat, kami harus mengecek benar sekarang. Tapi tetap, dengan mesin yang satu atau satunya lagi, saya rasa kami masih jauh dari level terbaik Magneti Marelli," ucap Marquez ketika menjalani sesi latihan bebas di sirkuit Jerez, Spanyol beberapa waktu lalu.

MotoGP musim depan memang akan memberikan tantangan baru kepada tim dan pembalap, penggunaan ban Michelin sebagai pemasok tunggal dan penggunaan ECU (elektronic control unit) baru, benar-benar menjadi hal baru bagi pembalap dan tim.


Di sesi uji coba Jerez, Marc Marquez sempat terjatuh dua kali dalam menggeber tunggangannya, RCV213V.

Marquez sendiri mencoba motor versi 2015 dan versi baru 2016. Untuk memperdalam aspek pengetahuan motor musim depan, Marquez lebih banyak menempuh lap menggunakan motor versi 2016.

"Hari ini saya melaju sepanjang hari dengan elektronik Magneti Marelli. Saya tidak mencoba lagi piranti lunak Honda, saya cuma konsentrasi pada Magneti Marelli," ucap Marquez.
"Saya mencoba kedua mesin, tapi saya benar-benar berkonsentrasi sepanjang hari dengan mesin baru. Karena saya sudah merasa memperbaiki elektronik baru itu lambat, butuh waktu panjang, dan saya melihat dengan mesin 2015 dan 2016, kami perlu peta yang benar-benar berbeda," tambahnya.

Marquez juga menambahkan perbedaan karakter mesin musim lalu dengan yang rencananya akan dipakai musim depan. Marquez mengungkapkan, musim mesin lalu agresif dibagian atas, sedangkan mesin musim ini lebih agresif diputaran bawah.

Tantangan musim MotoGP musim depan akan lebih menarik untuk kita saksikan, konflik antara Rossi, Marquez dan Lorenzo diprediksi masih menyisakan ketegangan hingga musim depan. Penerapan tipe ban Michelin, memaksa para pembalap harus beradaptasi dengan ban asal produsen Perancis tersebut. Belum lagi penggunaan perangkat elektronik standar besutan Magneti Marelli. Kedua hal diatas diprediksi akan sedikit menyamakan kekuatan diantara semua pembalap, tidak seperti saat ini yang membuat MotoGP terlihat monoton dimana pembalap pabrikan jauh lebih unggul karena dukungan finansial besar dari pabrikan besar dan sponsor.

No comments: