Menu horizontal

Sunday 3 May 2015

Analisa MotoGp seri Jerez Spanyol

Sore ini seri MotoGp akan dilaksanakan di sirkuit Jerez Spanyol, Peraih Pole untuk seri Gp kali ini adalah Jorge Lorenzo rider andalan Yamaha. Sangat menarik untuk memprediksi jalannya balapan yang akan dihelat nanti sore, tentunya dengan memperhatikan perkembangan terakhir dari masing-masing pembalap maupun tim yang akan bersaing sore ini.

Lorenzo mencoba menjawab kritik terhadap dirinya dengan performa menjanjikan di sirkuit Jerez. Latihan bebas pertama, kedua dan ketiga dipegang oleh Jorge selaku pembalap tercepat. Performa menjanjikan terus berlanjut sampai ke babak kualifikasi, dimana Jorge mencatatkan waktu tercepat pertama. Hal ini seolah suatu pernyataan dari dirinya bahwa Jorge belum habis. Dibandingkan dengan seri tahun lalu, pencapaian Jorge memang lebih bagus jika dilihat dari pencapaian point. Mari kita lihat kemampuan Jorge dalam menggeber Motor YZR M1 di lintasan Jerez sore nanti.

Marc Marquez, rider andalan Honda yang beberapa waktu lalu sempat menjalani operasi jari kelingking karena kecelakaan saat berlatih dirt track akan menggunakan pain killer saat balapan. Posisi start kedua sepertinya harus menjadi perhatian bagi lawan-lawan pembalap lainnya.
Tidak ada yang meragukan Marc soal kemampuannya dalam menggeber motor RCV213, namun apakah cidera jari kelingking mempengaruhi performa dari rider andalan Repsol Honda ini. Patut kita tunggu di balapan sore ini.

Ducati yang menempatkan Andrea Ianone di posisi start ketiga dan posisi start kesembilan untuk Andre Dovisiozo sepertinya akan memberikan tontonan menarik. Meskipun sirkuit Jerez tidak terlalu cocok dengan karakter Ducati, namun Ducati Desmosedici GP15 yang menjadi andalan musim ini sudah membuktikan kehebatannya baik ketika digeber dilintasan lurus maupun tikungan. Hal ini bisa kita lihat dari Ducati yang selalu menempati podium dari tiga seri yang sudah digelar.

Valentino Rossi, yang kurang begitu menggigit ketika latihan bebas akan menempati posisi start kelima. Namun dari beberapa seri yang sudah digelar, Rossi selalu bisa memberikan kejutan ketika balapan meskipun start dari posisi yang kurang bagus. Disirkuit Jerez, Rossi akan melakukan start dengan baik karena menurut prediksi pembalap Yamaha ini, rekan setim Rossi yaitu Lorenzo akan berusaha menjauh dari awal. Strategi yang akan digunakan oleh Rossi adalah start bagus dan menyerang dari awal. Semakin menarik untuk melihat Rossi menggeber motor YZR M1 yang menjadi andalannya di sirkuit Jerez sore ini.

Dari tim Suzuki yang menempatkan posisi Alex Espargaro dari start nomer ke-enam masih berusaha menemukan performa terbaik saat race. Sesi latihan bebas pertama hari Jumat Suzuki menempatkan Alex Espargaro di posisi ke-dua dan selisih tipis dengan catatan waktu Jorge Lorenzo.

Dari rider tim satelit kita akan melihat persaingan seru antara Cal Crutchlow, Pol Espargaro dan Bradley Smith. Pol Espargaro yang merupakan rider andalan Yamaha Tech 3 sepertinya akan menunjukkan performa yang mernarik jika dilihat performa saat mengikuti babak kualifikasi. 

Dengan peta persaingan untuk seri MotoGp Jerez sepertinya akan sangat menarik untuk kita saksikan jalannya balapan sore ini (waktu Indonesia barat), jalannya kompetisi masih sangat jauh dan setiap pembalap masih akan berusaha menunjukkan performa terbaik dirinya maupun dari tim yang dibelanya. 

No comments: