Menu horizontal

Tuesday 26 May 2015

Samsung harus berjuang keras!

dua smartphone samsung, galaxy s6 dan s6 edge harus berjuang keras
Produk andalan Samsung, Galaxy S6 dan S6 edge. Foto : v3
Salah satu pemain besar dalam industri telepon seluler yaitu Samsung, sepertinya harus berjuang agar dapat memenuhi target penjualan yang sudah ditetapkan. Tahun ini Samsung menargetkan penjualan sebanyak 70 juta unit smartphone bisa dijual diseluruh dunia. Sementara sempat berhembus kabar bahwa dalam kurun waktu satu bulan setelah diluncurkan, jumlah penjualan Samsung sepertinya menunjukkan angka yang kurang menggembirakan jika dibandingkan produk smartphone sebelumnya. Adalah Samsung Galaxy S6 dan S6 edge yang menjadi andalannya untuk bersaing dalam perebutan pasar dunia saat ini. Kedua smartphone tersebut memang di posisikan untuk pasar atas, hal ini bisa dilihat dari bandrol harga untuk kedua perangkat tersebut yaitu diangka diatas sepuluh juta.
Angka ini memang selevel dengan produk dari pesaing Samsung yaitu Apple.
Sementara disisi lain, Apple sendiri menuai penjualan sukses melalui produk smartphone andalan mereka yaitu Iphone 6 dan Iphone 6 plus. Dimasa lalu Samsung memang sempat merajai penjualan smartphone melalui lini produksi seri Galaxy, bahkan google sendiri selaku pembesut system operasi android untuk Samsung dikatakan menuai keuntungan dibawah Samsung.

Namun sekarang peta persaingan sepertinya sudah tidak seperti dimasa lalu, Samsung mungkin dulu begitu digdaya dengan membukukan penjualan fantastis dikarenakan mampu mengisi pasar dengan berbagai lini produk untuk berbagai segmen. Seri Samsung Galaxy dibuat oleh Samsung dengan berbagai pilihan harga, mulai dari pilihan untuk seri Galaxy level low end sampai level premium diisi oleh Samsung. Beberapa tahun yang lalu Samsung memang seperti pemain tunggal yang mendominasi dalam arena permainan, namun sekarang sepertinya Samsung tidak bisa beristirahat dengan tenang. Hal ini tentunya dikarenakan kepiawaian dari produsen smartphone lain yang semakin agresif menawarkan produk dengan kualitas mumpuni dan dibanderol dengan harga yang ramah kantong. Samsung tidak boleh menutup mata dengan kehadiran competitor lain, karena produk yang dihadirkan oleh competitor lain memberikan nilai yang bisa diterima oleh pasar. Harga murah, namun kualitas lumayan lah, itu mungkin pemikiran yang ada dibenak para konsumen jaman sekarang. Hadirnya kemudahan dalam mengakses informasi suatu produk melalui internet juga menjadi tantangan tersendiri bagi Samsung. Saya melihat bahwa saat ini, Samsung harus mewaspadai beberapa competitor yang agresif bermain di pasar smartphone untuk level menengah kebawah, sebut saja Xiaomi, asus, Lenovo, vivo, dan sederetan produk local yang tentu saja tidak akan tinggal diam dalam perebutan ceruk pasar smartphone yang sangat menggiurkan ini.

Beberapa waktu yang lalu, salah satu bos besar produsen smartphone pesaing Samsung yatiu Motorolla, sempat berbicara bahwa siklus untuk era kejayaan suatu produk adalah sekitar tujuh tahun. Angka tujuh tahun mungkin kita bisa berkaca dari pemain-pemain sebelumnya seperti Nokia dan blackberry, yang mungkin bisa meraih posisi puncak penjualan dalam kurun waktu tujuh tahun. Nah, tentunya kita bertanya-tanya apakah saat ini Samsung sudah memasuki grafik penurunan untuk penjualan produk-produk andalannya, hanya waktu yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Namun setidak-tidaknya Samsung harus sangat mewaspadai situasi ini, dan mungkin segera menerapkan strategi berbeda untuk memenangkan pasar persaingan smartphone yang sangat ketat seperti sekarang ini. 

No comments: