Menu horizontal

Wednesday 20 May 2015

Analisa up date seri Ke-lima MotoGp

Klasemen sementara saat ini dipegang oleh Valentino Rossi, setelah minggu lalu menyelesaikan balapan dibelakang Lorenzo. Posisi pemuncak klasemen dicapai Rossi berkat kekonsistenan sejak balapan dihelat seri pertama di Qatar. Dibandingkan dengan tahun lalu, pencapaian tahun ini bagi Rossi adalah lebih baik, Rossi selalu berada di Podium sejak awal balapan digelar. Peta persaingan MotoGp tahun ini memang lebih seru jika dibandingkan dengan tahun lalu, tahun lalu pabrikan Honda sangat mendominasi dengan menempatkan Marc Marquez selalu dipodium pertama sejak balapan digelar di sepuluh seri awal.

Pencapaian Rossi memang tidak terlepas dari beberapa hasil minor yang diraih oleh pesaing-pesaingnya. Ditiga seri awal Jorge Lorenzo yang merupakan rekan setim Rossi terlihat kesulitan dengan berbagai hambatan yang menyelimutinya.
Sementara Marc Marquez dari Repsol Honda juga sempat mengalami hasil minor di seri-seri awal. Marc Marquez sempat melebar di seri pertama MotoGP Qatar yang mengakibatkan Marquez tidak bisa meraih podium. Sedangkan di seri MotoGp Argentina, marquez mengalami kecelakaan di lap akhir saat sedang berduel dengan Valentino Rossi.

Sementara dari kompetitor pabrikan lain yang berpotensi menjadi pesaing tangguh perebutan klasemen adalah Ducati. Dengan rider andalannya yaitu Andrea Dovizioso, sepertinya Ducati akan berbicara banyak tahun ini. Andrea Dovizioso hanya sekali tidak naik podium yaitu di seri MotoGp Jerez Spanyol, hal ini dikarenakan saat awal-awal lomba Dovizioso sempat melebar di tikungan sehingga kesulitan untuk mengikuti laju rider-rider yang lain. Dengan konsistensi yang dimiliki oleh Andrea Dovizioso, saya memiliki keyakinan bahwa Ducati patut untuk diperhitungkan dalam persaingan perebutan gelar juara untuk tahun ini. Diawal musim, Andrea Dovizioso sempat bilang, untuk melihat potensi sepeda motor Desmosedici GP 15 setidaknya perlu dilihat lima balapan yang akan digelar, hal ini dikarenakan motor ini adalah motor baru yang sepenuhnya berbeda dengan motor sebelumnya. Dengan pencapaian Ducati sampai sejauh ini, saya melihat mereka akan sangat tangguh untuk di seri-seri MotoGp selanjutnya. Kita tunggu ketangguhan mesin baru Ducati untuk seri MotoGp selanjutnya.

Marquez memang di seri-seri awal tampil kurang konsisten, namun jangan lupa bahwa dia adalah pembalap dengan dua gelar juara dan berpotensi tampil menggila di seri-seri selanjutnya. Lorenzo di tiga seri awal musim memang agak kerepotan, namun dari dua balapan yang sudah di Gelar sudah cukup membuktikan bahwa dia adalah calon kuat persaingan gelar juara dunia musim 2015. Sementara kita tidak boleh mengesampingkan Dovizioso yang saat ini menempati posisi ke-tiga klasemen, karena dia mengendarai mesin Ducati yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
Dan tentunya bagi Valentino Rossi tidak boleh terlena dengan pencapaian posisi pemimpin klasemen karena rival-rival tahun ini sangat tangguh. Menurut saya pribadi, seri MotoGp tahun 2015 adalah salah satu seri dengan persaingan paling kompetitif dengan level para pembalap yang sangat tinggi, berbeda dengan tahun sebelumnya yang selalu didominasi oleh Repsol Honda dengan Marc Marquez.

No comments: