Menu horizontal

Monday 25 May 2015

Sekilas sirkuit Mugello Italia


Sebagai salah satu sirkuit kebanggaan masyarakat Italia ini, sirkuit Mugello telah menjadi langganan gelaran balapan MotoGp setiap tahunnya. Beberapa rider juga telah menjuarai gelaran MotoGp seri Mugello setiap tahunnya, sebut saja Valentino Rossi, Marquez maupun Lorenzo yang secara bergantian pernah menjuarai seri MotoGp Mugello Italia. Sirkuit ini menjadi kebanggaan bagi rider asal Negara Italia maupun tim yang bermarkas di Italia, Rossi, Dovizioso maupun Ianone adalah pembalap-pembalap top yang saat ini sedang dalam kompetisi sengit gelaran MotoGp 2015.


Tahun lalu, Marc Marquez berhasil menjuarai gelaran MotoGp seri Mugello, dengan begitu dominant. Marquez sendiri berhasil menorehkan hasil begitu fenomenal dalam gelaran balapan MotoGp 2014, setelah berhasil menjuarai seri MotoGp dalam sepuluh balapan pertama. Marquez juga menjadi pembalap termuda yang menjuarai gelar juara dunia pertamanya di tahun 2013 setelah bersaing ketat dengan Jorge Lorenzo di musim tersebut. Namun belakangan diketahui Marc Marquez belum bisa menorehkan prestasi seperti di musim sebelumnya. Dalam lima balapan yang sudah di gelar, Marquez hanya menjuarai seri MotoGp Austin America dan posisi runner up di seri MotoGp Jerez Spanyol.

Rekor kemenangan terbanyak di sirkuit Mugello ini adalah Valentino Rossi dengan meraih tujuh kali kemenangan kemudian disusul oleh Jorge Lorenzo sebanyak tiga kali kemenangan dan kemudian Marc Marquez sebanyak satu kali kemenangan. Diera GP 500, Michael Doohan juga menorehkan hasil apik dengan mencatatkan enam kali kemenangan. Yang menjadi sirkuit record saat balapan di sirkuit ini adalah Marc Marquez yang pada tahun 2013 menempuh waktu sebanyak 1,47.639 menit dan dengan kecepatan rata-rata 175,4 km/jam. Sedangkan untuk best pole position dipegang oleh Dani Pedrosa, yang diperoleh ketika kualifikasi tahun 2013 dengan catatan waktu 1,47.157 menit dengan kecepatan rata-rata 176,2 km/jam.

Denah sirkuit mugello

Sirkuit Mugello pertama kali menggelar balapan MotoGp tahun 1976 dan menjadi kalender tetap gelaran MotoGp sejak tahun 1991 setelah dilakukan perbaikan menyeluruh di sirkuit ini. Sirkuit Mugello memiliki panjang 5,2 km, lebar 14 m, terdapat enam tikungan kekiri dan sembilan tikungan kekanan, sirkuit ini memiliki lintasan terpanjang 1141 m dan menggelar balapan sebanyak 23 lap dengan jarak tempuh total 120,6 km.

Dengan kondisi persaingan level tinggi seperti sekarang, balapan seri MotoGp Mugello akan dinantikan bagi pecinta olahraga balap ini. Valentino Rossi memang sedang dalam posisi pemuncak klasemen, namun jangan lupa rekan setimnya saat ini Jorge Lorenzo juga sedang dalam kondisi on fire. Diseri sebelumnya Marc Marquez juga belum menunjukkan perfoma gemilang, namun kita tidak boleh melupakan jika ditahun lalu Marquez adalah juara di sirkuit ini, dan tentunya kita menantikan Ducati yang berambisi untuk meraih gelar posisi podium puncak yang berusaha mereka wujudkan di sirkuit ini.

No comments: