Menu horizontal

Thursday 28 May 2015

Valentinno Rossi, foto:crash.net
Balapan seri ke-enam MotoGp akan digelar pada hari Minggu tanggal 31 Mei 2015 besok, berbagai persiapan sudah mulai dilaksanakan jelang MotoGp seri Mugello Italia. Latihan bebas pertama akan mulai digelar hari Jumat sampai kualifikasi hari sabtu.

Para pembalap sudah datang dengan membawa motivasi sendiri-sendiri. Valentinno Rossi yang akan menjalani debut di balapan kandang mengatakan : "Saya sangat suka Sirkuit Mugello. GP Italia selalu jadi akhir pekan yang menyenangkan. Jorge juga suka trek ini. Jorge dan saya akan mencoba membawa Yamaha ke posisi teratas lagi, tetapi kali ini semoga hasilnya terbalik!”.
Di sirkuit ini, Valentinno Rossi merupakan pembalap yang menoreh kesuksesan besar dengan menjuarai MotoGp dari musim 2002 hingga musim 2008 secara beruntun. Datang ke sirkuit yang merupakan balapan seri kandang dengan posisi sebagai pemuncak klasemen tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi Valentinno Rossi. Saya melihat bahwa Rossi akan sangat mewaspadai rekan setimnya yaitu Jorge Lorenzo yang di seri sebelumnya menjuarai balapan secara berurutan.

Sementara dari kubu Repsol Honda, sang pembalap andalan yaitu Marc Marquez mengatakan “Saya tahu Valentino akan sangat kuat pada balapan di kandang. Jorge dan Dani (Pedrosa) punya sejarah bagus di sana dan Ducati menggelar uji coba beberapa pekan lalu. Jadi, kami harus fokus sepanjang akhir pekan”. Marquez sendiri tahun lalu merupakan sang penakluk sirkuit Mugello, namun melihat perkembangan dalam seri balapan yang sudah digelar selama musim ini, sepertinya dia harus berjuang ekstra keras agar kembali berada di puncak podium balapan MotoGp seri Mugello.

Bintang pabrikan Movistar Yamaha yang lain, Jorge Lorenzo tentunya dating dengan motivasi yang tidak kalah tinggi. Setelah kesulitan dalam tiga seri awal, Lorenzo berhasil membuktikan kepada public bahwa dia belum habis dan siap untuk berada di depan untuk perebutan gelar juara dunia musim ini. Dengan dukungan Motor Yamaha M1 yang lebih baik dari musim lalu, rasanya pembalap lain harus ekstra waspada dengan pembalap berjulukan x-Fuera, “Saya merasa lebih kuat dan berada dalam bentuk terbaik saat ini. Meraih dua kemenangan secara beruntun tentu sangat penting bagi saya. Di Le Mans saya mendapatkan kecepatan dan ritme untuk meraih kemenangan,” demikian ungkap Lorenzo.

Kita juga tidak boleh memandang sebelah mata pembalap Repsol Honda yang lain, adalah Dani Pedrosa yang di seri MotoGp Le Mans kemarin tampil kurang memuaskan akibat terjatuh di lap pertama. Namun Pedrosa sudah melupakan MotoGp seri Le Mans dan memandang optimis untuk MotoGp seri Mugello Italia. “Meski saya gagal di Le Mans, paling tidak saya mengambil sisi positif di sana. Lengan kanan saya telah berada dalam kondisi lebih baik dibanding yang diharapkan. Namun, saya mesti menjalani penyembuhan hingga dua minggu ke depan guna mencapai performa optimal,” demikian disampaikan oleh Dani Pedrosa.


Yang tidak kalah seru kita nantikan adalah aksi pabrikan Ducati, melalui pembalap andalan mereka duo Andrea yaitu Dovizioso dan Ianone, saya pikir mereka adalah tim yang difavoritkan juara di sirkuit Mugello. Ducati memang menargetkan untuk menjuarai satu kali seri MotoGp dimusim ini, dan sepertinya Mugello akan dijadikan ajang untuk mewujudkan ambisinya tersebut. Dan tentunya kita tidak boleh melupakan, bahwa Ducati telah melakukan uji coba tertutup di sirkuit ini setelah balapan MotoGp Jerez selesai beberapa pekan yang lalu.

No comments: