Menu horizontal

Friday 12 June 2015

Jelang Seri MotoGp Catalunya Spanyol


Seri MotoGp ketujuh minggu ini akan bergulir di negara Spanyol, tepatnya akan di selenggarakan di sirkuit Catalunya, sirkuit yang menjadi balapan kandang para pembalap Matador seperti Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Marc Marquez.
Jorge Lorenzo, yang merupakan pembalap yang meraih podium tertinggi dari tiga seri terakhir akan berusaha melanjutkan tren kemenangan yang sudah diraihnya. Performa kuda besi Yamaha memang sangat baik sejak awal musim digelar, terbukti saat ini lima podium tertinggi diraih oleh Yamaha dari enam seri yang sudah digelar. Valentino Rossi sendiri yang saat ini memimpin klasemen dan merupakan rekan setim Jorge Lorenzo, sempat mengkhawatirkan kecepatan dari pembalap asal negeri Matador tersebut. "Kami sangat khawatir, maksud saya di beberapa balapan terakhir saya meraih hasil bagus dan saya selalu naik podium tapi Lorenzo sangat cepat terutama di Jerez. Dia memangkas ketinggalan banyak poin," demikian sahut Rossi.

Sementara dari kubu Honda, Marc Marquez yang seri sebelumnya melakukan kesalahan hingga tergelincir dan tidak bisa menyelesaikan balapan, tampaknya akan berjuang keras untuk dapat kembali meraih performa terbaiknya. Honda sendiri dikabarkan akan menggunakan sistem knalpot / pembuangan baru yang akan digunakan di sirkuit Catalunya. "Kami punya sistem pembuangan yang berbeda dan kami juga punya ide dan hal-hal yang berbeda di dalam, tapi kami tidak akan mengungkapkannya," demikian disampaikan Marquez kepada Autosport,
"Di Mugello saya sudah katakan sebelum balapan kalau saya akan mengambil risiko. Saat balapan saya sudah berada di batas kemampuan saya dan pada satu momen saya kehilangan (kendali) ban depan dan saya crash, tapi begitulah balapan." Lanjut Marquez.

Rekan satu tim Marquez yang sama-sama membela bendera Repsol Honda, Dani Pedrosa juga dalam performa yang bagus. Seri MotoGp terakhir, Pedrosa sempat bertarung sengit memperebutkan podium ketiga dengan Valentino Rossi, meskipun akhirnya Pedrosa harus mengakui keunggulan Rossi di sirkuit Mugello. Paska menjalani operasi arm pump, Pedrosa memang menunjukkan performa yang semakin meningkat.

Kabar yang tidak kalah menariknya datang dari kubu Ducati, setelah pembalap andalannya, Andrea Dovizioso tidak dapat menyelesaikan balapan dikarenakan masalah dengan gear yang rusak saat balapan, Dovizioso bertekad untuk mendapatkan hasil bagus di sirkuit Catalunya Spanyol. "Di Montmelo kami ingin mengonfirmasi laju yang kami punya di Mugello. Dan saya rasa Desmosedici GP15 juga bisa kompetitif di Barcelona. Semua kekecewaan atas apa yang terjadi di Mugello sudah dialihkan menjadi tekad dan keinginan untuk mendapatkan hasil bagus di Barcelona," ujar Dovizioso dikutip Crash. Rekan satu tim Dovizioso, Andrea Ianone juga bertekad untuk melanjutkan tren positif setelah di seri terakhir berhasil menduduki podium kedua.

Level kompetisi MotoGp musim ini memang terbilang cukup baik, motor-motor andalan dari tim pabrikan juga tidak hanya didominasi oleh pabrikan Jepang, namun kehadiran Ducati dengan Desmosedici GP 15 juga turut meramaikan persaingan gelaran MotoGp. Seri MotoGp Catalunya diprediksi menjadi salah satu seri MotoGp menarik musim ini.

No comments: