Menu horizontal

Friday, 26 June 2015

Hasi Kualifikasi MotoGp Seri Assen Belanda

Rossi mencatatkan waktu pole pertama di Assen, foto: motogp.com
Sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGp seri Assen Belanda telah selesai diselesaikan, Rossi berhasil meraih pole position pertama musim ini dengan berhasil mencatatkan waktu 1 menit 32,627 detik.

Berbeda dengan seri MotoGp sebelumnya, peraihan posisi pole posisi oleh Valentino Rossi seri MotoGp Assen Belanda memang cukup mengejutkan. Dalam sesi kualifikasi seri MotoGp sebelumnya, Rossi seperti kesulitan meraih posisi tiga besar dalam memulai balapan, namun seri Assen sepertinya akan dimanfaatkan oleh Rossi dengan menempati grid depan saat balapan.
Posisi dua dan tiga masing-masing diisi oleh Alex Espargaro dan Marc Marquez, kemudian melengkapi posisi keempat adalah Dani Pedrosa.

Posisi start kurang ideal diperoleh Jorge Lorenzo, dia harus start dari posisi kedelapan. Seri MotoGp kali ini sepertinya agak berbeda dengan seri MotoGp seri sebelumnya dimana biasanya yang menempati grid kedelapan adalah Valentino Rossi, namun saat ini Jorge Lorenzo yang menempati posisi tersebut. Sepertinya seri Assen Lorenzo harus memulai start dengan bagus agar tidak ketinggalan dalam menjalani balapan.

Sementara itu, tim Ducati berhasil menempatkan rider andalannya di posisi keenam yaitu Andrea Ianone. Pembalap andalan Ducati lain, Andrea Dovizioso hanya bisa menempati posisi kesepuluh.

Dari catatan waktu hasil kualifikasi, jarak pembalap peraih pole dengan posisi sepuluh besar tidak sampai 1 detik, ini merupakan selisih waktu yang cukup ketat dan balapan sepertinya akan berlangsung sengit.
                             
Berikut hasil catatan waktu kualifikasi seri MotoGp Assen Belanda :
1. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 32.627s [Lap 8/9] 313km/h (Top Speed) 
2. Aleix Espargaro
ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 32.858s +0.231s [6/8] 301km/h 
3. Marc Marquez
ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 32.886s +0.259s [8/8] 315km/h 
4. Dani Pedrosa
ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 32.987s +0.360s [8/9] 314km/h 
5. Pol Espargaro
ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 33.013s +0.386s [7/8] 311km/h 
6. Andrea Iannone
ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1m 33.016s +0.389s [7/8] 316km/h 
7. Cal Crutchlow
GBR CWM LCR Honda (RC213V) 1m 33.028s +0.401s [7/8] 312km/h 
8. Jorge Lorenzo
ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 33.042s +0.415s [7/8] 308km/h 
9. Maverick Viñales
ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 1m 33.076s +0.449s [6/7] 304km/h 
10. Andrea Dovizioso
ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1m 33.112s +0.485s [5/7] 318km/h 
11. Danilo Petrucci
ITA Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.1) 1m 33.126s +0.499s [5/7] 309km/h 
12. Bradley Smith
GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 33.236s +0.609s [6/8] 312km/h 
13. Stefan Bradl
GER Athina Forward Racing (Forward Yamaha) 1m 33.789s 305km/h
14. Yonny Hernandez
COL Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 33.875s 305km/h
15. Loris Baz
FRA Athina Forward Racing (Forward Yamaha)* 1m 33.999s 301km/h
16. Scott Redding
GBR Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 1m 34.071s 303km/h
17. Hector Barbera
ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 1m 34.223s 313km/h
18. Mike Di Meglio
FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 1m 34.289s 306km/h
19. Eugene Laverty
IRL Aspar MotoGP Team (RC213V-RS)* 1m 34.428s 302km/h
20. Jack Miller
AUS CWM LCR Honda (RC213V-RS)* 1m 34.645s 303km/h
21. Alvaro Bautista
ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 34.736s 303km/h
22. Nicky Hayden
USA Aspar MotoGP Team (RC213V-RS) 1m 34.972s 301km/h
23. Alex De Angelis
RSM E-Motion IodaRacing (ART) 1m 35.189s 293km/h
24. Marco Melandri
ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 36.376s 303km/h 

Blue Name = Factory - Official MotoGP ECU hardware, unique manufacturer software. 
20 litres of race fuel, 5 engine changes for the season. All engines identical throughout the year within the same team (development freeze). 
Black Name = Factory (with concessions) - Official MotoGP ECU hardware, unique manufacturer software. 
Applicable to Factory entries by a manufacturer that did not achieve a dry win in 2013 (Ducati) or any new MotoGP manufacturers (Suzuki and Aprilia). 
22 litres of race fuel for Ducati, 24 litres for Suzuki and Aprilia. Same 12 engine changes, softer rear tyre, no engine development freeze and extra testing opportunities as the Open Category. Fuel and soft tyre can change depending on top three results. 
Red Name = Open - Full official MotoGP ECU, hardware and software. 
24 litres of race fuel, 12 engine changes, softer rear tyre, no engine development freeze and greater testing opportunities relative to Factory. 
* Rookie 
(sumber: crash.net)Sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGp seri Assen Belanda telah selesai diselesaikan, Rossi berhasil meraih pole position pertama musim ini dengan berhasil mencatatkan waktu 1 menit 32,627 detik.

Berbeda dengan seri MotoGp sebelumnya, peraihan posisi pole posisi oleh Valentino Rossi seri MotoGp Assen Belanda memang cukup mengejutkan. Dalam sesi kualifikasi seri MotoGp sebelumnya, Rossi seperti kesulitan meraih posisi tiga besar dalam memulai balapan, namun seri Assen sepertinya akan dimanfaatkan oleh Rossi dengan menempati grid depan saat balapan.
Posisi dua dan tiga masing-masing diisi oleh Alex Espargaro dan Marc Marquez, kemudian melengkapi posisi keempat adalah Dani Pedrosa.

Posisi start kurang ideal diperoleh Jorge Lorenzo, dia harus start dari posisi kedelapan. Seri MotoGp kali ini sepertinya agak berbeda dengan seri MotoGp seri sebelumnya dimana biasanya yang menempati grid kedelapan adalah Valentino Rossi, namun saat ini Jorge Lorenzo yang menempati posisi tersebut. Sepertinya seri Assen Lorenzo harus memulai start dengan bagus agar tidak ketinggalan dalam menjalani balapan.

Sementara itu, tim Ducati berhasil menempatkan rider andalannya di posisi keenam yaitu Andrea Ianone. Pembalap andalan Ducati lain, Andrea Dovizioso hanya bisa menempati posisi kesepuluh.

Dari catatan waktu hasil kualifikasi, jarak pembalap peraih pole dengan posisi sepuluh besar tidak sampai 1 detik, ini merupakan selisih waktu yang cukup ketat dan balapan sepertinya akan berlangsung sengit.
                             
Berikut hasil catatan waktu kualifikasi seri MotoGp Assen Belanda :
1. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 32.627s [Lap 8/9] 313km/h (Top Speed) 
2. Aleix Espargaro
ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 32.858s +0.231s [6/8] 301km/h 
3. Marc Marquez
ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 32.886s +0.259s [8/8] 315km/h 
4. Dani Pedrosa
ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 32.987s +0.360s [8/9] 314km/h 
5. Pol Espargaro
ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 33.013s +0.386s [7/8] 311km/h 
6. Andrea Iannone
ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1m 33.016s +0.389s [7/8] 316km/h 
7. Cal Crutchlow
GBR CWM LCR Honda (RC213V) 1m 33.028s +0.401s [7/8] 312km/h 
8. Jorge Lorenzo
ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 33.042s +0.415s [7/8] 308km/h 
9. Maverick Viñales
ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 1m 33.076s +0.449s [6/7] 304km/h 
10. Andrea Dovizioso
ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1m 33.112s +0.485s [5/7] 318km/h 
11. Danilo Petrucci
ITA Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.1) 1m 33.126s +0.499s [5/7] 309km/h 
12. Bradley Smith
GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 33.236s +0.609s [6/8] 312km/h 
13. Stefan Bradl
GER Athina Forward Racing (Forward Yamaha) 1m 33.789s 305km/h
14. Yonny Hernandez
COL Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 33.875s 305km/h
15. Loris Baz
FRA Athina Forward Racing (Forward Yamaha)* 1m 33.999s 301km/h
16. Scott Redding
GBR Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 1m 34.071s 303km/h
17. Hector Barbera
ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 1m 34.223s 313km/h
18. Mike Di Meglio
FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 1m 34.289s 306km/h
19. Eugene Laverty
IRL Aspar MotoGP Team (RC213V-RS)* 1m 34.428s 302km/h
20. Jack Miller
AUS CWM LCR Honda (RC213V-RS)* 1m 34.645s 303km/h
21. Alvaro Bautista
ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 34.736s 303km/h
22. Nicky Hayden
USA Aspar MotoGP Team (RC213V-RS) 1m 34.972s 301km/h
23. Alex De Angelis
RSM E-Motion IodaRacing (ART) 1m 35.189s 293km/h
24. Marco Melandri
ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 36.376s 303km/h 

Blue Name = Factory - Official MotoGP ECU hardware, unique manufacturer software. 
20 litres of race fuel, 5 engine changes for the season. All engines identical throughout the year within the same team (development freeze). 
Black Name = Factory (with concessions) - Official MotoGP ECU hardware, unique manufacturer software. 
Applicable to Factory entries by a manufacturer that did not achieve a dry win in 2013 (Ducati) or any new MotoGP manufacturers (Suzuki and Aprilia). 
22 litres of race fuel for Ducati, 24 litres for Suzuki and Aprilia. Same 12 engine changes, softer rear tyre, no engine development freeze and extra testing opportunities as the Open Category. Fuel and soft tyre can change depending on top three results. 
Red Name = Open - Full official MotoGP ECU, hardware and software. 
24 litres of race fuel, 12 engine changes, softer rear tyre, no engine development freeze and greater testing opportunities relative to Factory. 
* Rookie 
(sumber: crash.net)

No comments: