Menu horizontal

Sunday 28 June 2015

Kontroversi Senggolan Marquez vs Rossi Di Assen Belanda

Rossi bersenggolan dengan Marquez, foto: crash.net
Gelaran balap MotoGp seri Assen Belanda telah selesai dilaksanakan dengan kemenangan Valentino Rossi. Namun adanya insiden senggolan di Chicane (tikungan zig zag) jelang garis finish sedikit menimbulkan kontroversi.

Valentino Rossi sejatinya memimpin jalannya lomba MotoGp Assen secara dominan, namun Marquez yang kali ini menggunakan chasis motor 2014 memberikan perlawanan yang sengit.  Marquez sendiri di lap-lap akhir sempat mencuri posisi Rossi untuk memimpin jalannya balapan, namun tidak selang lama Rossi kembali mengambil alih posisi pertama.

Marquez belum menyerah hingga tikungan terakhir, usaha Marquez mengejar Rossi sepertinya tidak sia-sia. Marquez sendiri berhasil menjaga jarak dan menempel ketat Rossi. Ujung dari kejar-kejaran tersebut, Marquez bersenggolan dengan Rossi di tikungan chicane terakhir dan Rossi sempat keluar track. Keluarnya Rossi dari track dan memasuki gravel namun bisa kembali lagi ke track terkesan memotong jarak track, sehingga kubu Honda merasa ini perlu diluruskan oleh pihak race direction.

Pihak race director, Mike Webb telah memberikan pernyataan terkait insiden senggolan Rossi dengan Marquez, "Kami jelas melihat ulang insiden tersebut dari semua sudut pandang kamera yang kami punya. Keputusannya adalah itu sebuah insiden. Pebalap tidak mendapatkan keuntungan sama sekali karenanya," ucar Webb di media crash.net. Masih menurut Webb, pihak race director telah mengambil kamera dari sudut helikopter dan menunjukkan bahwa Rossi saat kejadian sedang unggul.
"Dia (Valentino Rossi) sedang unggul. Dia tidak dilewati. Begitu mencapai apex (sudut tikungan, red), Marc menyentuh Valentino, dan itu membuat Valentino melebar. Jadi, itu adalah sebuah insiden. Tak bisa dielakkan." Demikian ditambahkan oleh Webb.

Dengan insiden ini, pihak Rossi maupun Marquez memastikan tidak ada masalah diantara kedua pembalap. Marquez menyatakan “Saya berharap tidak ada masalah di antara kami di luar lintasan. Namun, di dalam lintasan ia tetap bertarung untuk menjadi juara dan saya juga ingin memenangi balapan,”  dikutip melalui media crash.
Sementara Rossi juga memberikan pernyataan senada, “Tidak. Saya pikir tidak ada masalah di antara kami,”

Balapan MotoGp Assen memang cukup menghibur dan menghadirkan aksi menegangkan yang dipertontonkan oleh Rossi maupun Marquez. Dengan memutuskan untuk menggunakan chasis RC213V tahun 2014 sepertinya keputusan Marquez sudah tepat, sehingga Marquez bisa mengimbangi kecepatan Rossi sampai garis finish.
Gambar-gambar insiden antara Marquez dan Rossi bisa dilihat dibawah:


 Sumber foto: crash.net

No comments: