Menu horizontal

Sunday 14 June 2015

Prediksi MotoGp Seri Catalunya Spanyol

Rossi saat menjalani sesi latihan bebas di Catalunya, Foto: crash.net
MotoGp akan segera bergulir ke negeri Matador, tepatnya gelaran balapan sepeda motor paling akbar sejagat itu akan segera dihelat di sirkuit Catalunya Spanyol. Setelah sesi empat latihan bebas dan sesi kualifikasi selesai, sore ini kita akan segera menyaksikan balapan yang merupakan balapan kandang bagi pembalap-pembalap besar seperti Marquez, Lorenzo, Pedrosa, Alex Espargaro.

Pencapaian Suzuki di sesi latihan bebas hingga kualifikasi seri MotoGp Catalunya cukup impresiv, dengan berhasil menempatkan pembalapnya di posisi pertama dan kedua saat kualifikasi menunjukkan bahwa top speed dari sepeda motor GSX-RR andalannya cocok dengan sirkuit Catalunya. Melihat pencapaiannya untuk balapan nanti, kita memang tidak hanya berpatokan dengan top speed dari latihan bebas sampai kualifikasi, namun lebih kepada stabilitas saat balapan dan waktu putaran konsisten selama menajalani dua puluh lebih putaran lap. Untuk seri MotoGp Catalunya, sepertinya Suzuki akan bertarung untuk posisi tiga besar diawal-awal putaran, namun hasil lengkap balapan sepertinya Suzuki akan di posisi lima atau enam.

Untuk posisi tiga besar, saya pikir pertarungan akan sengit diantara rider Yamaha dan Honda, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo atau Valentino Rosi akan bersaing mendapatkan podium tertinggi.

Honda yang di seri kali ini akan menggunakan komponen baru untuk motor andalannya akan berusaha menemukan settingan tepat untuk kuda besi andalannya, apabila perubahan signifikan tidak ditemukan, mungkin Honda harus berjuang keras di seri-seri selanjutnya. Pembuktian Honda setelah memperbaharui tunggangannya akan kita lihat di seri MotoGp Catalunya.

Jorge Lorenzo sepertinya akan memiliki keuntungan start dari barisan terdepan, namun apabila dia tidak bisa mengambil keuntungan di lap-lap awal, Lorenzo mungkin tidak akan meraih podium tertinggi. Sepuluh lap awal adalah kunci lorenzo agar dapat kembali menjadi kampiun MotoGp seri Catalunya.

Berbeda dengan rekan setim Lorenzo, Rossi yang start dari posisi ketujuh, namun apabila Rossi berhasil menjaga jarak dengan pembalap terdepan dalam sepuluh atau setidaknya lima belas lap awal, Rossi akan menjadi juara MotoGp seri Catalunya.

Sementara dari kubu Ducati, apabila Dovizioso dan Ianone konstan dalam balapan, sepertinya podium akan berhasil diraih. Itupun apabila rider Yamaha dan Honda melakukan kesalahan saat balapan.
Seri MotoGp Catalunya sepertinya belum akan menjadi seri MotoGp untuk pabrikan Ducati.
Prediksi saya, Rossi akan menjadi pembalap peraih podium untuk gelaran MotoGp seri Catalunya Spanyol dengan catatan sepuluh atau lima belas lap awal Rossi tetap menjaga jarak dengan pembalap terdepan.




No comments: