Menu horizontal

Thursday 25 June 2015

Fitur Undo Pengiriman Email Di Gmail

Apakah anda pernah salah mengirimkan email? Salah alamat atau salah tujuan pengiriman email? Hehe, kejadian tersebut bisa menimpa siapa saja, dan konsekuensinya memang bisa membuat kita malu.

Kali ini, layanan email dari mesin pencari Google telah menghadirkan fitur baru, fitur tersebut yaitu undo atau pembatalan pengiriman email. Fitur ini bermanfaat ketika kita salah mengirim email dan kita mengetahui selama sekitar 30 detik dari saat kita klik tombol send.

Kesalahan pengiriman email memang bisa terjadi, baik dari isi email ataupun kesalahan alamat email. Hal ini bisa membuat kita malu, terlebih apabila tujuan email ataupun carbon copy dalam tujuan email banyak pihak dan dari atasan kita. Waduh kalau begini ceritanya bisa malu nggak ketulungan nih.

Google memberikan solusi apabila kita secara tidak sengaja salah memasukkan alamat email ataupun kesalahan dalam isi email. Google memberikan pilihan, kita jeda waktu 5, 10, 20 atau 30 detik untuk kita apakah email tersebut sudah betul baik dari sisi alamat tujuan maupun isi email.

Adapun cara untuk mensettingnya adalah dengan masuk ke akun email google kita terlebih dahulu. Kemudian kita masuk ke menu setting, menu setting ini ada di sebelah atas kanan (dibawah gambar profile kita). Setelah itu, silahkan klik menu setelan dan pilih drop down menu setelan (dapat dilihat di gambar 1, menu setelan dilingkari warna orange). setelah menu setelan muncul, terdapat pilihan menu umum, label, kotak masuk dan sebagainya. Pada menu umum, pilihlah item urung kirim dan berilah tanda centang pada pilihan yang tersedia. Setelah item urung kirim sudah kita centang, kita bisa memilih untuk berapa lama waktu urung kirim yang bisa kita tentukan, adapun pilihannya adalah 5, 10, 20 atau 30 detik. Silahkan anda pilih jeda waktu tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing (dapat dilihat di gambar 2).
Gambar 1. Menu pengaturan setelan

Gambar 2. Menu urung dilingkari warna merah

Fitur gmail tersebut sedianya sudah dilakukan penelitian oleh google selama enam tahun, namun baru-baru ini saja diaplikasikan. Silahkan bagi anda yang menginginkan fitur undo atau urung kirim tersebut. 

No comments: