Menu horizontal

Friday 26 June 2015

Latihan Bebas Kedua, Pedrosa Membuat Kejutan

Valentino Rossi kuasai latihan bebas pertama, foto: crash.net
Menjelang penyelenggaraan gelaran balapan motor MotoGp di Assen, gelaran latihan bebas pertama dan kedua telah selesai dilaksanakan. Dari dua latihan bebas tersebut, ada beberapa kejutan yang ditunjukkan kubu honda yang berhasil menempatkan pembalapnya menduduki posisi satu dan dua pada latihan bebas kedua.

Pada gelaran latihan bebas pertama, andalan Yamaha Valentino Rossi berhasil membukukan catatan waktu tercepat. Rossi unggul 0,195 detik dari rivalnya Marc Marquez yang berhasil membuntuti di posisi kedua. Dalam latihan bebas pertama Lorenzo mencatatkan hasil minor dengan tidak berada di posisi tiga besar. Pencapaian Rossi dalam latihan bebas pertama seolah ingin menegaskan kembali bahwa untuk bersaing dengan Lorenzo, Rossi harus mencatatkan waktu bagus sejak latihan bebas pertama hingga sesi kualifikasi.

Pada latihan bebas kedua, Pedrosa yang menjadi andalan Honda berhasil membukukan waktu tercepat pertama. Pencapaian waktu Pedrosa diikuti oleh Marquez dan Valentino Rossi yang berhasil melengkapi posisi tiga besar.

Dalam gelaran MotoGp Assen, Pedrosa akan menggunakan chasis Honda tahun 2015 yang memang sudah digunakannya sejak mengawali musim. Sedangkan Marquez akan menggunakan chasis tahun 2014 untuk gelaran MotoGp Assen.

Dalam tujuh gelaran balapan yang sudah digelar, Marquez memang tercatat meraih hasil minor dengan tiga kali crash dan kehilangan poin banyak dengan pemimpin klasemen. Sering jatuhnya Marquez diindikasikan dari chasis motor Honda RC213V yang kurang cocok dengan gaya balapnya. Setelah sesi balapan MotoGp Catalunya dua pekan lalu, Marquez memang menggunakan chasis tahun 2014 untuk latihan resmi sehari setelah balapan. Kita akan tunggu, apakah dengan menggunakan chasis Honda tahun 2014 Marquez akan beringas seperti saat dia berhasil meraih posisi podium pertama sebanyak sepuluh buah diawal musim lalu.

Dilatihan bebas pertama maupun kedua, pabrikan selain Honda dan Yamaha sepertinya belum menunjukkan performa apik, hal ini bisa kita lihat dari catatan waktu pembalapnya yang tidak bisa menduduki posisi tiga besar.

Hasil latihan bebas pertama dan kedua bisa dilihat dibawah:

Latihan bebas pertama :

1.
Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 34.357s [Lap 20/20] 302km/h (Top Speed) 
2.
Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 34.552s +0.195s [17/20] 308km/h 
3.
Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 34.570s +0.213s [19/19] 309km/h 
4.
Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 34.772s +0.415s [18/18] 306km/h 
5.
Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 34.927s +0.570s [21/21] 307km/h 
6.
Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 35.042s +0.685s [21/21] 310km/h 
7.
Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 1m 35.050s +0.693s [18/19] 303km/h 
8.
Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 35.175s +0.818s [15/17] 299km/h 
9.
Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1m 35.223s +0.866s [13/13] 315km/h 
10.
Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.1) 1m 35.271s +0.914s [7/21] 304km/h 
11.
Jack Miller AUS CWM LCR Honda (RC213V-RS)* 1m 35.348s +0.991s [16/18] 298km/h 
12.
Cal Crutchlow GBR CWM LCR Honda (RC213V) 1m 35.393s +1.036s [17/19] 305km/h 
13.
Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1m 35.400s +1.043s [12/20] 312km/h 
14.
Stefan Bradl GER Athina Forward Racing (Forward Yamaha) 1m 35.486s +1.129s [20/20] 303km/h 
15.
Yonny Hernandez COL Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 35.924s +1.567s [14/15] 303km/h 
16.
Nicky Hayden USA Aspar MotoGP Team (RC213V-RS) 1m 35.965s +1.608s [14/15] 297km/h 
17.
Scott Redding GBR Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 1m 36.158s +1.801s [12/21] 303km/h 
18.
Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (RC213V-RS)* 1m 36.223s +1.866s [18/22] 299km/h 
19.
Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 1m 36.233s +1.876s [15/16] 307km/h 
20.
Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 36.250s +1.893s [16/18] 302km/h 
21.
Loris Baz FRA Athina Forward Racing (Forward Yamaha)* 1m 36.423s +2.066s [16/18] 299km/h 
22.
Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 1m 36.619s +2.262s [15/18] 303km/h 
23.
Alex De Angelis RSM E-Motion IodaRacing (ART) 1m 37.486s +3.129s [9/18] 293km/h 
24.
Marco Melandri ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 37.933s +3.576s [16/17] 296km/h 

Blue Name = Factory - Official MotoGP ECU hardware, unique manufacturer software. 
20 litres of race fuel, 5 engine changes for the season. All engines identical throughout the year within the same team (development freeze). 
Black Name = Factory (with concessions) - Official MotoGP ECU hardware, unique manufacturer software. 
Applicable to Factory entries by a manufacturer that did not achieve a dry win in 2013 (Ducati) or any new MotoGP manufacturers (Suzuki and Aprilia). 
22 litres of race fuel for Ducati, 24 litres for Suzuki and Aprilia. Same 12 engine changes, softer rear tyre, no engine development freeze and extra testing opportunities as the Open Category. Fuel and soft tyre can change depending on top three results. 
Red Name = Open - Full official MotoGP ECU, hardware and software. 
24 litres of race fuel, 12 engine changes, softer rear tyre, no engine development freeze and greater testing opportunities relative to Factory. 
* Rookie 

Latihan bebas kedua :
1. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 33.450s [Lap 18/20] 310km/h (Top Speed) 
2.
Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1m 33.589s +0.139s [5/19] 310km/h 
3.
Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 33.652s +0.202s [20/21] 306km/h 
4.
Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1m 33.699s +0.249s [18/19] 315km/h 
5.
Cal Crutchlow GBR CWM LCR Honda (RC213V) 1m 33.734s +0.284s [16/19] 308km/h 
6.
Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1m 33.741s +0.291s [16/17] 308km/h 
7.
Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1m 33.844s +0.394s [19/19] 313km/h 
8.
Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 33.857s +0.407s [18/18] 298km/h 
9.
Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.1) 1m 34.133s +0.683s [19/20] 304km/h 
10.
Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 1m 34.232s +0.782s [18/19] 302km/h 
11.
Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 34.321s +0.871s [14/19] 308km/h 
12.
Yonny Hernandez COL Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) 1m 34.406s +0.956s [18/20] 306km/h 
13.
Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 1m 34.627s +1.177s [19/23] 309km/h 
14.
Scott Redding GBR Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 1m 34.643s +1.193s [20/20] 302km/h 
15.
Stefan Bradl GER Athina Forward Racing (Forward Yamaha) 1m 34.664s +1.214s [18/20] 304km/h 
16.
Loris Baz FRA Athina Forward Racing (Forward Yamaha)* 1m 34.897s +1.447s [13/18] 300km/h 
17.
Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (RC213V-RS)* 1m 35.047s +1.597s [16/21] 300km/h 
18.
Nicky Hayden USA Aspar MotoGP Team (RC213V-RS) 1m 35.149s +1.699s [15/19] 297km/h 
19.
Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 35.489s +2.039s [15/18] 301km/h 
20.
Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 1m 35.538s +2.088s [20/20] 309km/h 
21.
Jack Miller AUS CWM LCR Honda (RC213V-RS)* 1m 35.646s +2.196s [14/19] 300km/h 
22.
Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 1m 35.663s +2.213s [15/17] 305km/h 
23.
Alex De Angelis RSM E-Motion IodaRacing (ART) 1m 36.869s +3.419s [12/21] 291km/h 
24.
Marco Melandri ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 37.225s +3.775s [17/17] 300km/h 

Blue Name = Factory - Official MotoGP ECU hardware, unique manufacturer software. 
20 litres of race fuel, 5 engine changes for the season. All engines identical throughout the year within the same team (development freeze). 
Black Name = Factory (with concessions) - Official MotoGP ECU hardware, unique manufacturer software. 
Applicable to Factory entries by a manufacturer that did not achieve a dry win in 2013 (Ducati) or any new MotoGP manufacturers (Suzuki and Aprilia). 
22 litres of race fuel for Ducati, 24 litres for Suzuki and Aprilia. Same 12 engine changes, softer rear tyre, no engine development freeze and extra testing opportunities as the Open Category. Fuel and soft tyre can change depending on top three results. 
Red Name = Open - Full official MotoGP ECU, hardware and software. 
24 litres of race fuel, 12 engine changes, softer rear tyre, no engine development freeze and greater testing opportunities relative to Factory. 
* Rookie 

Sesi latihan bebas ketiga dan keempat akan digelar hari ini, kemudian akan dilanjutkan sesi kualifikasi. Serunya balapan MotoGp Assen akan kita saksikan besok Sabtu sore pukul 17:00 WIB. 

No comments: