Menu horizontal

Saturday 25 July 2015

Sekilas Profile Sirkuit Indianapolis Speedway Amerika


Setelah menyelesaikan paruh musim pertama dalam gelaran balap MotoGp musim ini, sesi paruh musim kedua akan segera di gelar dua minggu mendatang. Yang akan menjadi tuan rumah dari gelaran MotoGp ini adalah sirkuit Indianapolis Amerika. Amerika menjadi tuan rumah balapan MotoGp dengan menggunakan sirkuit andalannya seperti sirkuit Austin, Laguna Seca dan Indianapolis.

Sirkuit ini kabarnya, ketika dibangun menghabiskan dana sekitar 29 milyar rupiah, dan sanggup menampung hingga 257.000 penonton. Bahkan sirkuit ini, jika dimaksimalkan sanggup menampung hingga 400.000 penonton, sirkuit ini menjadi lintasan balap terbesar sepanjang sejarah.

Yang unik dari sirkuit ini adalah, di bagian bawah struktur bangunannya, yang digunakan untuk museum Indianapolis Motor Speedway Hall yang dibuka sejak tahun 1956.

Indianapolis mulai menggelar MotoGp sejak tahun 2008, sebelumnya lebih banyak digunakan untuk balap mobil seperti Indy 500 dan Brick Yard 400. Sejak menjadi tuan rumah balap MotoGp, bebereapa lay out telah di rubah agar sesuai dengan permintaan FIM sebagai lembaga otoritas tertinggi ajang balap MotoGp.

Sirkuit ini memang sejak sebelumnya dibuat untuk even balap Mobil, sehingga untuk menjadi tuan rumah balap motor perlu dirubah di beberapa area untuk mengakomodir pembalap MotoGp dalam menggeber tunggangannya.

Valentino Rossi adalah pembalap pertama yang berhasil menjadi pemenang di sirkuit ini sejak pertama kali digunakan untuk ajang balap MotoGp. Musim lalu, Marc Marquez berhasil menjadi juara dengan menyelesaikan waktu 42’07.041 menit dan berhasil meraih sepuluh podium berturut-turut sejak awal musim 2014 digelar.


Setelah dilakukan perubahan sejak resmi menggelar MotoGp tahun 2008, sirkuit ini memiliki 16 tikungan, yaitu 10 tikungan kiri dan 6 tikungan kanan. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan secara keseluruhan 4,185 km dan memiliki lintasan lurus sekitar 800 meter.


Gelaran balap MotoGp seri kesepuluh akan kembali diselenggarakan tanggal 09 Agustus 2015 di Indianapolis.

No comments: