Menu horizontal

Friday 3 July 2015

Sekilas Sirkuit Sachsenring Jerman


Gelaran balapan MotoGp akan segera merapat ke sirkuit Sachsenring Jerman di putaran kesembilan tanggal 12 Juli 2015. Panjang sirkuit ini cukup pendek, yaitu seitar 3.671 M. dengan lebar 12 M, sirkuit ini memiliki jumlah tikungan ke kiri 10, tikungan ke kanan 3 dan memiliki lintasan lurus terpanjang sejauh 700 M.

Dengan panjang sirkuit 3,6 KM dan memiliki tikungan sempit, karakter sirkuit ini memang termasuk lintasan lambat dalam gelaran balapan MotoGp, hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap MotoGp untuk menghadirkan balapan yang menarik. Di sirkuit Sachsenring, pemilihan ban menjadi sangat krusial mengingat banyaknya tikungan dan motor sering digunakan untuk akselerasi.

Yang menarik dari sirkuit Sachsenring adalah terdapat T11 atau yang sering disebut sebagai waterfall dikarenakan T11 ini memiliki karakter right hander, setelah T11 ini terdapat turunan yang cukup tajam, dari situlah T11 tersebut diberi nama waterfall.  

Berikut data lengkap sirkuit Sachsenring:
Info Sirkuit :
Panjang trek
: 3.671 m / 2.281 mil
Lebar trek
: 12 m
Belokan ke kiri
: 10
Belokan ke kanan
: 3
Panjang trek lurus
: 700 m. / 0,435 mil
Dibangun
: 1996
Diperbaharui
: 2003

Dengan adanya tikungan yang gontai dan track lurus yang hanya sepanjang 700 M, sirkuit ini dirasa lebih cocok dengan motor Honda. Namun dengan penggunaan sasis baru Yamaha dan Suzuki, sirkuit ini akan menjadi saksi pertarungan dari pembalap-pembalap Yamaha ataupun Suzuki untuk tampil dengan motivasi ekstra.

Berikut gambar-gambar sirkuit Sachsenring:

Sirkuit Sachsenring
Layout sirkuit Sachsenring
Waterfall (jalan menurun) di sirkuit Sachsenring
Demikian sekilas sharing tentang sirkuit Sachsenring Jerman, yang tanggal 12 Juli hari minggu depan akan menjadi tuan rumah gelaran aku kebut roda dua paling akbar sejagat.

No comments: